Apa sih SEO itu? Seberapa penting sih SEO itu untuk website? Bagaimana optimisasi SEO? Apa sih tujuan SEO? Pertanyaan-pertanyaan seperti sering sekali muncul. Terutama bagi newbie dalam hal website ataupun blogging. Pertanyaan-pertanyaan di awal tersebut sebenarnya juga merupakan pertanyaan dari saya yang juga newbie dalam dunia blogging. Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman untuk kita semua, termasuk saya.
PENGERTIAN SEO DAN TUJUANNYA
Search
Engine Optimization atau yang disingkat dengan SEO adalah teknik untuk
memaksimalkan halaman website agar peringkat atau pun ranking meningkat. SEO
juga adalah sebuah proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah
situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga
dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik)
dari sebuah mesin pencari.
Jadi SEO merupakan hal penting untuk
website atau blog. Dengan teknik SEO yang benar akan membuat website semakin
tampak keberadaan. Website atau pun blog akan tampil di halaman pertama pada
situs pencarian. Ada banyak teknik SEO, di antaranya ada SEO ON PAGE
adapula SEO OFF PAGE.
SEO sangat terkait dengan posisi ranking atau peringkat.
Tentu dalam hal ini meningkatkan situs web atau blog pada halaman pencarian di
mesin penelusur. Pencapain peringkat agar menjadi baik harus dibarengi dengan
konten yang berkualitas. Konten setidaknya harus unik, relevan, atau pun kontekstual.
Bila peringkat website atau blog meningkat, maka trafik
pengunjung pun akan meningkat. Karena pencari web akan cenderung meng-klik
hasil penelusuran pada halaman pertama mesin pencari. Begini lah akhir dari
tujuan pengoptimalan SEO pada website atau blog. Tujuan akhir adalah
mendapatkan posisi serta peringkat yang kemudian berdampak pada trafik
pengunjung yang membludak.
RISET KATA KUNCI (KEYWORD)
Untuk
mendapatkan kata kunci yang tepat, maka dibutuhkan riset kata kunci. Beberapa
alat yang bisa digunakan untuk melakukan riset adalah Google Keyword Planner
dan Google Trends. Selain itu tersedia juga perangkat bantu tambahan lain yang
juga gratis seperti Ubersuggest dan Soovle.
Sebagaimana
sudah disinggung pada paragraph yang telah lalu tentang SEO ON PAGE dan SEO OFF
PAGE. Apa sih kedua SEO ini? Yang pertama adalah Optimisasi Halaman atau
Optimisasi Di-Halaman (SEO On-Page) dan yang kedua adalah Optimisasi Di
Luar-Halaman (SEO Off-Page).
Optimisasi Halaman (SEO On-Page) adalah proses di mana
Anda melakukan perubahan di halaman web Anda agar halaman tersebut menurut
mesin pencari menjadi relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna
internet. SEO On-Page ini termasuk kategori Optimisasi SEO Tingkat Dasar.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pengoptimalan SEO On-Page antara lain
adalah sebagai berikut:
·
Nama domain (jika memungkinkan, untuk kata kunci pendek)
·
Title tag (tag judul)
·
Meta description tag
·
Kategori dan sub-kategori halaman
·
URL
·
Breadcrumbs
·
Headings (h1, h2, h3, dan seterusnya)
·
Image dan Image slider (nama file dan alt text)
·
Isi halaman (body copy), berupa kata kunci tersebut dan
kata yang terkait seperti sinonom-sinonimnya dan variasi kata bentukannya.
·
Tautan eksternal ke situs otoritas seperti
perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi yang penting
Sekali lagi, tujuan Optimisasi Di-Halaman ini adalah agar
halaman web Anda relevan (atau sangat-sangat relevan) terhadap kata kunci
yang dicari oleh pengguna internet sehingga waktu pengguna berada di halaman
web Anda semakin lama (dan hal ini semakin baik!). Juga kembalinya lagi
pengunjung lama ke halaman web Anda tersebut menandakan web Anda relevan, unik,
dan memiliki informasi yang bernilai, mendalam, yang dibutuhkan pengunjung
situs web Anda sesuai kata kunci yang sudah Anda sebar di elemen-elemen halaman
web Anda tersebut.
Karena SEO On-Page ini terkait dengan bahasa HTML, script
blogger atau php untuk WordPress, maka diperlukan pemahaman mengenai bahasa
HTML, blogger tag, atau php agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan
Optimisasi Halaman. Salah satu situs yang bagus untuk belajar HTML adalah
Prothelon. Atau Anda juga bisa mengikuti pelatihan Paket SEO Blogspot atau
WordPress di SEM & SEO Management untuk sekalian mempelajari HTML dan
bahasa pemprograman web lain yang diperlukan untuk melakukan SEO On-Page. Ada 2
jenis praktek SEO, yaitu WhiteHat dan BlackHat
1.
Praktik SEO WhiteHat
Teknik
ini bertujuan untuk meningkatkan situs dengan berfokus pada pengunjung, bukan
pada peringkat yang lebih tinggi. Contoh teknik whitehat yang baik adalah
membuat konten organik berkualitas tinggi dan menambahkan tag deskriptif baik
yang dibahas dalam modul sebelumnya. Teknik whitehat mematuhi Pedoman
Webmaster, yang sebaiknya diikuti situs Anda agar berperingkat secara organik
dan baik di Google Penelusuran.
2.
Praktik SEO Blackhat
Teknik terlarang yang memanipulasi mesin telusur untuk
mencoba memberi peringkat situs yang lebih tinggi dianggap sebagai teknik
blackhat yang melanggar Pedoman Webmaster. Jangan membayar untuk tautan yang
mengarah ke situs Anda yang ditempatkan di internet dengan maksud agar dapat
lolos PageRank dan memanipulasi Google Penelusuran Tautan ini dapat disebut
tautan bersponsor atau iklan berbayar, tersembunyi di HTML, atau dimasukkan
sebagai jangkar yang dioptimalkan dalam artikel, komentar, dan catatan kaki.
Pelajari cara menghindari praktik serupa di laman skema tautan.
Contoh praktek SEO BlackHat
· Penggunaan kata kunci yang berlebihan di elemen-elemen
situs atau halaman web (keyword stuffing)
· Menggunakan warna huruf yang sama dengan warna background
halaman web (hidden texts)
v
Membuat isi halaman web dengan alat bantu secara otomatis
(auto generated content atau AGC),
v
misalnya: menduplikasi artikel dengan alat bantu
perangkat lunak tanpa mengecek kualitasnya lagi artikel-artikel yang baru
(content spinning)
· Membuat halaman web dengan mengambil potongan-potongan
teks atau gambar dari situs-situs lain bukan miliknya (content stealing) lalu
menggabungkannya menjadi halaman web miliknya (content scrapping)
·
Menyalin isi milik orang lain (plagiarism)
·
Membuat halaman yang berbeda untuk mesin pencari dan
pengunjung (cloaking)
· Mengganti isi halaman secara keseluruhan setelah halaman
tersebut mendapat ranking di SERP (swapping)
· Membuat sebuah halaman-halaman khusus untuk menarik
perhatian mesin pencari, namun mengarahkan pengunjung manusia ke halaman yang
lain (doorway pages)
· Teknik-teknik black hat SEO on-page lain yang dilarang
Google (lihat https://support.google.com/webmasters/answer/35769?hl=id)
SEO Off-Page
|
SEO Off-Page |
Apa sih SEO Off-Page atau juga
SEO Off-Site ini? SEO jenis ini adalah proses di mana kita melakukan
peningkatan nilai kepopuleran website atau pun blog melalui factor-faktor di
luar situs. Hal ini dilakukan agar memengaruhi halaman web sesuai dengan kata
kunci yang dibidik oleh user.
SEO
Off-Page memberi indikasi yang sangat baik tentang bagaimana Dunia (situs-situs
lain dan pengguna) melihat situs web tertentu. Sebuah situs web yang berguna
adalah lebih mungkin untuk memiliki referensi (link) dari situs-situs lain; itu
lebih mungkin untuk memiliki menyebutkan di media sosial dan itu lebih mungkin
untuk bookmark dan berbagi di antara mereka yang mungkin juga menyukainya.
Pertanyaan lain yang muncul, apa yang menyebabkan hal di
luar situs memengaruhi mesin pencari? Terus apa saja cara untuk melakukan SEO
Off-Page?
Langkah-Langkah Optimisasi SEO
Off-Page
Sosial
Bookmark
|
Sosial Bookmark |
Ini
merupakan teknik yang paling banyak disenangi para blooger. Untuk melakukan
optimasi SEO off-page kita cukup meninggalkan sebuah link yang mengarah ke
situs kita, namun kita tidak cukup hanya meningalkan link begitu saja melainkan
kita juga harus berinteraksi kepada sesama pengguna sosial bookmark ini. Dengan
begitu visitorpun akan berdatangan sendiri. Anda bisa menggunakan sosial
bookmark seprti Digg,Reddit dll.
Sosial
Media
|
Sosial Media |
Manfaatkan
social media semisal Facebook, Twitter, Google+, atau Instagram sebagai tempat
promosi situ Website atau pun blog. Kemudian isi situs Anda dengan artikel yang
menarik agar teman anda yang masuk dari sosial media tersebut,selalu tertarik
dan ketagihan terus untuk membaca artikel Anda. Satu hal lagi perbanyak teman
Anda biar banyak mata yang melihat link situs Anda. Semakin banyak semakin pula
kesempatan untuk mendatangkan visitor yang melimpah.
Web
Directory
|
Web Directory |
Submit
artikel Anda ke situs web directory, sebab cara ini termasuk cara yang sangat
manjur buat mendatangkan backlink yang berkualitas. Dengan bantuan situs web
directory mempermudah google menemukan artikel kita. Apalagi web directory
tersebut bersifat dofollow dan page rank tinggi,bukan tidak mungkin lagi situs
Anda nongrong terus di page one search engine.
Situs
Forum
|
Situs Forum |
Cara
ini sangatlah disarankan banget oleh Google untuk mempromosikan situs/blog
yang baru. Karena dengan cara Anda berkomentar tujuanya membantu seseorang yang
butuh pencerahan di sinilah kesempatan Anda untuk meletakkan link Anda yang
cocok dengan masalah orang tersebut,maka kita tidak perlu lagi melakukan spam
komentar di blog, karna hal itu sangat dilarang keras oleh google
Memancing
Link
|
Memancing SEO |
Misalnya
Anda telah menyelesaikan sebuah artikel lalu Anda mempubliskannya di situs web
Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan link artikel Anda tadi
sebagai referensi, Anda bisa melakukan link referensi di situs orang, dengan
cara menulis seperti di Moz.com, Searchenginejurnal.com dll, Dengan cara itu
akan memancing orang untuk melakukan hal yang sama untuk menggunakan situs Anda
sebagai referensi seperti yang telah Anda lakukan.
Backlink
|
Backlink |
Backlink
juga
biasa dikenal dengan link masuk, inbound link, inlink, dan link balik
dalam arti tautan bolak-balik. Salah satu cara melakukan backlink adalah
dengan menjalin persahabatan dengan website atau pun blog lain. Misalnya dengan
memberikan komentar pada blog orang lain dengan meninggalkan situs web kita. Atau pun bisa juga jika link kita dijadikan link referensi -link ke luar- dari blog orang lain.
Bila artikel bermanfaat, saya harap kiranya bisa di share kepada yang lainnya. Terima kasih.
Sumber:
Dari beberapa referensi di Internet
0 Comments