KIAMAT: Syugra dan Kubra


KIAMAT: Syugra dan Kubra

Pengertian Hari Akhir
    Asal kata Akhirah adalah Al-akhir yang berarti ujung dari sesuatu,yang biasanya menunjuk pada jangka waktu.kata tersebut sebagai lawan dari kata al-awwal yang berarti yang terdahulu.
    Iman kepada hari akhir maksudnya adalah mempercayai dengan seluruh hati bahwa suatu saat alam semesta akan hancur dan manusia akan dibangkitkan dari kubur menuju alam akhirat yang kekal selamanya tanpa ada batasan waktu habisnya.tidak ada satupun makhluk yang mengetahui secara pasti kapan terjadinya hari akhir itu,hanya Allah lah yang mengetahuinya,dan barang siapa yang tidak mempercayai kedatangan hari akhir maka dia adalah seorang kafir.

    Semua amal perbuatan manusia selama didunia akan mendapatkan balasan dari Allah sekecil apapun amal itu. Orang yang berbuat baik sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya akan mendapat balasan baik berupa surge dan  segala kenikmatan dan kekal didalamnya dan begitupula sebaliknya orang selama hidupnya banyak melakukan keburukan,ingkar (kufur) terhadap Allah atau berbuat kesyirikan mereka akan mendapat balasan siksa neraka.
    Peristiwa akhirat seringkali diucapkan secara berulang-ulang pada beberapa ayat didalam al-qur’an sebanyak 115 kali.

 Peristiwa kejadian Kiamat Sughra dan Kubra
Kiamat Sughra
 Kiamat sughra ialah saat kerusaan sesuatu yang menjadi bagian dari alam semesta. Seperti kematian,gempa bumi,tsunami,bencana alam,dan sebagainya.
  Apabila terjadi kiamat sughra (kiamat kecil)maka kita kembalikan kepada Allah Swt. Dan seraya membaca kalimat istirja’(tarji’).
Tanda-tanda Kiamat Sughra dan Kubra
a.      Tanda-tanda kiamat Sughra
1.      Ilmu agama diangkat
2.      Kebodohan jelas datang
3.      Zina tersebar luas
4.      Minuman keras diminum secara bebas
5.      Orang laki-laki sama pergi
6.      Orang perempuan tetap,sehingga ada 50 wanita mempunyai seorang pria sebagai panutannya(50:1) hadits riwayat : Bukhari dan Muslim.
b.      Tanda-tanda Kiamat Kubra
1.      Hanycurnya alam jagad raya ini.
2.      Matahari terbit dari barat.
3.      Munculnya seekor binatang yang sangat aneh(bias bercakap-cakap dengan semua manusia dan memberitahu bahwa kiamat sudah dekat).
4.      Munculnya dajjal(pendusta yang besar)
5.      Lenyapnya Al-qur’an dan Mushaf,serta hafalan Al-qur’an dalam hati para hafidz dan hafidzah.
Nama-nama Hari Akhir
1.      Yaumul Ba’as/Yaumul Barzah
Yaitu hari kebangkitan, maksudnya bangkitnya manusia dari kematian dialam kubur sedangkan yaumul barzah ialah saat penantian dialam kubur untuk dibangkitkan kembali dan menghadap Allah,guna mempertanggungjawabkan perbuatannya ketika hidup didunia.
2.      Yaumul Hasyr
Ialah hari berkumpulnya manusia setelah bangkit dari alam barzah(kubur) disuatu tempat lapang yang bernama padang Mahsyar. Ditempat inilah semua manusia menunggu panggilan untuk dihisab dan diadili atas segala perbuatannya selama didunia dan dipadang mahsyar ini juga semua manusia berupa bentuk dalam wujud yang berbeda-beda,sesuai dengan amal dan kelakuannya selama didunia. Menurut syari’at islam,jika keluarga kita semuanya termasuk orang yang sholeh maka semua anggota keluarga akan dapat berkumpul bersama dialam surga.
3.      Yaumul Hisab
Ialah hari atau saat perhitungan semua amal perbuatan manusia ketika hidup didunia.
4.      Yaumul Mizan
Ialah hari atau saat penimbangan amal perbuatan manusia selama hidup didunia. Semua manusia hanya bias melihat semua apa yang pernah dilakukan waktu didunia,karena anggota tubuh mereka masing-masing menjadi saksi,dan malaikat raqib dan atit mencatat semua amal perbuatan manusia sementara mulut tertutup rapat.
5.      Yaumul Jaza’
Yaitu hari pembalasan atas semua amal perbuatan manusia yang pernah dilakukan didunia,dengan seadil-adilnya,tidak ditambah dan tidak dikurangi.

Post a Comment

0 Comments