DAJJAL: Fitnah Terbesar Akhir Zaman


DAJJAL: Fitnah Terbesar Akhir Zaman

Pengerian Dajjal
Kata dajjal berasal daari kata dajjala,yang artinya menutupi (sesuatu). kamus lisanul ‘arab mengemukakan beberapa pendapat bahwa disebut dajjal.
1.             Disebut dajjal karena ia ingin adalah pembohong yang menutupi kebenaran dengan kepalsuan.
2.             Disebut dajjal karena menutupi bumi dengan bilangan yang besar.
3.             Disebut dajjal karena ia menutupi manusia dengan kepalsuan.
4.             Disebut dajjal karena ia tersebar dan menutupi seluruh muka bumi.
Dajjal merupakan tokoh yang sangat penting pada masa akhir zaman nanti. Bahkan sebagaimana dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW, ia termasuk salah satu daripada tanda besar menjelang hari kiamat. Akhirnya,apabila dajjal sudah muncul di hadapan manusia ramai,itu pertanda bahwa kiamat tidak akan lama lagi terjadi.

Turunnya Dajjal
   Dajjal akan turun dari daerah yang bernama Marriqanah. Maka yang banyak mengikutinya adalah para wanita, sampai seorang laki-laki pulang kerumahnya menemui istrinya ,ibu dan anak perempuanya serta saudara perempuanya dan bibinya kemudian mereka ikat karna khawatir kalau kalau keluar menemui dajjal dan menemuinya.

Ciri-ciri fisik Dajjal
   Sebagaimana yang sudah di sebutkan bahwasanya dajjal adalah manusiayang sama seperti kita. Ia mempunyai  rambut,mata,wajah,tangan,badan dan sebagaimana persis seperti manusia biasa. Akan tetapi ,ada beberapa hal yang lebih spesifik mengenai dajjal. Berikut adalah ciri-ciri dajjal :
-                 Rambutnya keriting
-                 dikeningnya terdapat tulisan “ Ka Fa Ra” atau “kaafir” dalam tulisan bahasa arab
-                 Mata kanannya buta dan menonjol. Sebagian orang menganggap bahwa dajjal hanya memiliki satu bola mata saja, anggapan ini adalah keliru, yang benar dajjal memiliki dua bola mata akan tetapi satu matanya buta.
-                 Kulit badanya berwarna kemerah-merahan.
-                 Badanya gemuk dan pendek.
-                 Dada nya bidang.
-                 Kakinya begkok.
-                 Dajjal tidak memiliki memiliki keturunan.

Fitnah Dajjal
1. Dajjal yang membawa kebohongan dan fitnah tidak datang begitu saja,akan tetapi telah diawali dengan munculnya para penipu di beri amanah. Sehingga ketika itu , orang sudah biasa berinteraksi kepada penipu dan terus saja mempercayainya.
Dari Anas bin Malik, katanya Rasulullah SAW bersabda :
“ Menjelang turunya Dajjal ada tahun-tahun tipu daya, yaitu tahun orang-orang pendusta di percayai orang dan orang-orang jujur tidak dipercayai. Orang yang tidak amanah di percayai dan orang amanah tidak di percayai.”
2. Fitnah Dajjal menjadi sangat mengerikan karena yang ia bawa adalah kebohongan-kebohongan yang bisa menjerumuskan orang-orang yang yang memiliki iman yang lemah sehingga menjadi kafir. Diawal kemunculannya ,ia hanya mengaku sebagai seorang nabi atau utusan tuhan dengan menunjukan hal-hal yang ia katakana sebagai mukjizat (padahal trik-trik semata)
3. Ketika Dajjal berkelana ke penjuru dunia,ia berkata “ Akulah tuhan sekalian alam, dan matahari ini berjalan dengan izinku. Apakah kamu bermaksud menahannya?” katanya sambil ditahannya matahari itu,sehingga satu haru lamanya menjadi satu minggu atau satu bulan. Setelah itu dia tunjukan kehebatannya menahan matahari itu,dia berkata kepada manusia :” Sekarang apakah kamu ingin supaya matahari itu berjalan?” mereka semua menjawab :” Ya,kami ingin.” maka dia tunjukan lagi kehebatannya dengan menjadikan satu hari begitu cepat berjalan.
4. Dalam hadis agak panjang tentang dajjal , di ceritakan bahwa dajjal itu akan menemui orang-orang. Dajjal mengajak mereka semua ,maka orang-orang itu pun menurutinya. Dajjal terus melakukan dakwahnya dari satu negri ke satu negri. Ketika dajjal hamper sampai ke Madinah dan hendak masuk,tiba tiba di dapatinya malaikat menunggu di pintu masuk kota dengan pedagang terhunus. Dajjal pun berhenti di luar madinah lalu keluar  kepadanya seorang lelaki pada hari itudari Madinah. Lelaki itu adalah sebaik-baik lelaki,paling solehdan bertaqwa kepada Allah.

Cara menghindar dari dajjal
Untuk menghadapi fitnah dajjal rasulullah telah bersabda: ”Barangsiapa yang mendengar ada dajjal, maka hendaklah ia bersembunyi (berlari) darinya. Demi allah , ada seseorang mendatangi dan dia mengiira bahwa ia akan tetap beriman (kepada allah), lantas dia mengikutinya ,karna banyak nya syubhat yang menyertainya”
Agar kita terhindar dari fitnah dajjal:
a)      Berpegang teguh dengan ajaran islam
Modal utama untuk menghadapi fitnah dajjal adalah dengan mengenal ajaran islam dengan benar,terutama lebih mendalami nama dan sifat allah.
b)      Berlindung kepada allah dari fitnah dajjal, terkhusus dalam sholat
Rasulullah SAW bersabda : “ jika salah seorang diantara kalan melakukan tasyahud, mintalah perlindungan pada allah dari empat perkara : Ya allah, aku mita perlindungan pada-mu dari siksa jahanam,dari siksa kubur, dan fitnah hidup dan mati,dan kejelekan fitnah Al Masih Dajjal” (HR.Muslim no. 588)
c)      Menghafalkan beberapa ayat dari surah Al Kahfi. Nabi SAW menyuruh membaca ayat permulaan pada surah alkahfi untuk menolak fitnah dajjal , beberapa riwayat lain menyebutkan ayat-ayat terakhir surah Al Kahfi yakni 10 ayat awal dan 10 ayat akhir.

Hikmah
1.     Setiap manusia pasti tidak akan luput dari godaan dan tipuan dajjal, oleh karenanya harus waspadalah akankedatangan sosok yang menjadi penipu terbesar seperti yang diinformasikan Nabi Muhmmad dan para nabi sebelumnya.
2.        Sifat yang menonjol dari dajjal adalah mengajak mengajak manusia melakukan kejahatan dan menghiasinya seakan akan kelakuan tersebut baik dan membawa manfaat , padahal tidak demikian adanya.
3.         Untuk mewaspadai dan menghadang golongan Dajjal adalah dengan melakukan kegiatan yang di restui oleh allah dan rasulnya seraya bermohon dengan doa agar terhindar dari fitnah dajjal.















Post a Comment

0 Comments