Takhrij Hadis Tentang Larangan Berbicara saat Khutbah Jum’at

September 30, 2017

Takhrij Hadis Tentang Larangan Berbicara saat Khutbah Jum’at

Takhrij Hadis Tentang Larangan Berbicara saat Khutbah Jum’at

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ
Bila ditempuh dengan metode mencari pada awal sanad dengan menggunakan kitab Mausu’ah Athraf al-Hadits an-Nabawi as-Syarif, maka diperoleh data-data sebagai berikut[1]:

خ: ٢: ١٦
حم: ٢: ٣١٨
Berdasarkan dari data kitab al-Mausu’ah tersebut, hadis tersebut terletak pada kitab berikut:
1.                       Shahih Bukhari.
2.                       Musnad Ahmad bin Hanbal, Juz II, halaman 318.
Bila merujuk kepada kitab Miftah Kunuz as-Sunnah, maka diperoleh data sebagai berikut[2]:


بخ: ك ١١ ب ٣٢
مس: ك ٧ ح ١١, ١٢
بد: ك ٢ ب ٢٢٧
تر: ك ٤ ب ١٦
نس: ك ١٤ ب ٢٢, ك ١٩ ب ٢٢
مج: ك ٥ ب ٧٦
مي: ك ٢ ب ١٩٥
ما: ك ٥ ح ٦-٩
حم: أول ٢٣۰. ثان ص ٢٤٤, ٢٧٢, ٣١٨, ٣٩٣, ٣٩٦, ٤٢٤, ٤٧٤, ٤٨٥, ٥١٨, ٥٣٢. ثالث ص ٨١, ١٨٨, ١٩۰
Berdasarkan dari data kitab Miftah Kunus as-Sunnah tersebut, hadis tersebut terletak pada kitab berikut:
1.                       Shahih Bukhari, kitab 11 bab 36.
2.                       Shahih Muslim, kitab 7 hadis 11, 12.
3.                       Sunan Abu Daud, kitab 2 bab 227.
4.                       Sunan At-Turmudzi, kitab 4 bab 16.
5.                       Sunan an-Nasa’I, kitab 14, bab 22 dan kitab 19 bab 22.
6.                       Sunan Ibnu Majah, kitab 5 bab 76.
7.                       Sunan ad-Darimi, kitab 2 bab 195.
8.                       Al-Muwatha’ Imam Malik, kitab 5 hadis 6-9.
9.                       Musnad Imam Ahmad, Awal 230.Kedua halaman 244, 272, 318, 393, 396, 424, 474, 485, 518, 532. Ketiga, halaman 81, 188, 190.

 Hadis Penguat
Bukhari
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab berkata, telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Al Musayyab bahwa Abu Hurairah mengabarkan kepadanya, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kamu berkata kepada temanmu pada hari Jum'at 'diamlah', padahal Imam sedang memberikan khutbah maka sungguh kamu sudah berbuat sia-sia (tidak mendapat pahala)
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

Muslim
dan telah menceritakan kepada kami qutaibah bin sa'id dan muhammad bin rumh bin muhajir -ibnu rumh- berkata, telah mengabarkan kepada kami laits dari uqail dari ibnu syihab telah mengabarkan kepadaku sa'id bin al musayyab bahwa abu hurairah telah mengabarkan kepadanya bahwa rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "bila kamu berkata kepada temanmu, 'diamlah, ' pada hari jum'at padahal imam sedang berkhutbah, maka sungguh telah sia-sialah ibadah jum'atmu." dan telah menceritakan kepadaku abdul malik bin syu'aib bin laits telah menceritakan kepadaku bapakku dari kakekku uqail bin khalid, dari ibnu syihab dari umar bin abdul aziz dari abdullah bin ibrahim bin qarizh dan dari ibnul musayyab bahwa keduanya telah menceritakan kepadanya bahwa abu hurairah berkata; saya mendengar rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda. yakni dengan hadits semisalnya. dan telah menceritakannya kepadaku muhammad bin hatim telah menceritakan kepada kami muhammad bin bakr telah mengabarkan kepada kami ibnu juraij telah mengabarkan kepadaku ibnu syihab dengan dua sanad, yakni semua yang terdapat dalam haditsnya ini adalah serupa dengannya. hanya saja ibnu juraij berkata; ibrahim bin abdullah bin qarizh.      


dan telah menceritakan kepada kami ibnu abu umar telah menceritakan kepada kami sufyan dari abu zinad dari al a'raj dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "apabila kamu mengatakan kepada temanmu pada hari jum'at, 'diamlah, ' padahal imam sedang berkhutbah, maka sungguh kamu telah berbuat kesia-siaan." abu zinad berkata; kata, 'faqad laghiita' adalah menurut bahasanya abu hurairah, namun yang benar adalah, 'faqad laghauta.'

و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ قَالَ ابْنُ رُمْحٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ و حَدَّثَنِي عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي حَدَّثَنِي عُقَيْلُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ قَارِظٍ وَعَنْ ابْنِ الْمُسَيَّبِ أَنَّهُمَا حَدَّثَاهُ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بِمِثْلِهِ و حَدَّثَنِيهِ مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي ابْنُ شِهَابٍ بِالْإِسْنَادَيْنِ جَمِيعًا فِي هَذَا الْحَدِيثِ مِثْلَهُ غَيْرَ أَنَّ ابْنَ جُرَيْجٍ قَالَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَارِظٍ








و حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغِيتَ قَالَ أَبُو الزِّنَادِ هِيَ لُغَةُ أَبِي هُرَيْرَةَ وَإِنَّمَا هُوَ فَقَدْ لَغَوْتَ
Nasa’I
telah mengabarkan kepada kami 'abdul malik bin syu'aib bin al laits bin sa'd dia berkata; bapakku telah menceritakan kepadaku dari kakekku dia berkata; telah menceritakan kepadaku 'uqail dari ibnu syihab dari 'umar bin 'abdul 'aziz dari 'abdullah bin ibrahim bin qarizh dan dari sa'id bin al musayyab mereka berdua menceritakan kepadanya, bahwa abu hurairah berkata; "aku mendengar rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 'jika kamu berkata kepada temanmu; "diamlah" padahal imam sedang khutbah, ia telah berbuat sia-sia."

telah mengabarkan kepada kami muhammad bin salamah dan al harits bin miskin secara baca dan aku mendengarnya lafazh ini darinya dari ibnul qasim dia berkata; telah menceritakan kepadaku malik dari ibnu syihab dari ibnul musayyab dari abu hurairah bahwa rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "jika kamu berkata kepada temanmu, 'diamlah' ketika imam sedang khutbah, maka kamu telah berbuat sia-sia."

أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي قَالَ حَدَّثَنِي عُقَيْلٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ قَارِظٍ وَعَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ أَنَّهُمَا حَدَّثَاهُ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ



أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ وَالْحَارِثُ بْنُ مِسْكِينٍ قِرَاءَةً عَلَيْهِ وَأَنَا أَسْمَعُ وَاللَّفْظُ لَهُ عَنْ ابْنِ الْقَاسِمِ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ ابْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ


Ibnu Majah
telah menceritakan kepada kami abu bakr bin abu syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami syababah bin sawwar dari ibnu abu dzi'b dari az zuhri dari sa'id ibnul musayyab dari abu hurairah bahwa nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "jika engkau mengatakan kepada kawanmu 'diamlah' sementara imam sedang berkhutbah di hari jum'at maka engkau telah sia-sia. "



حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا شَبَابَةُ بْنُ سَوَّارٍ عَنْ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

Malik
telah menceritakan kepadaku dari yahya dari malik dari abu az zinad dari al a'raj dari abu hurairah, bahwa rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "apabila kamu berkata pada saudaramu; 'diamlah! ' ketika imam sedang berkhutbah, niscaya kamu telah berbuat sia-sia."

حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَدْ لَغَوْتَ

Ad-Darimi
telah menceritakan kepada kami khalid bin makhlad telah menceritakan kepada kami malik dari abu az zinad dari al a'raj dari abu hurairah ia berkata, "rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "apabila engkau mengatakan kepada sahabatmu 'diamlah' sementara imam sedang, berkhutbah maka sungguh engkau telah melakukan perbuatan yang sia-sia."

telah menceritakan kepada kami khalid bin makhlad telah menceritakan kepada kami malik dari az zuhri dari sa'id dari abu hurairah ia berkata, "rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "apabila engkau mengatakan kepada sahabatmu 'diamlah' sementara imam sedang berkhutbah, maka sungguh engkau telah melakukan perbuatan yang sia-sia." telah mengabarkan kepada kami al mu'alla bin asad telah menceritakan kepada kami wuhaib dari ma'mar dari az zuhri dari sa'id bin al musayyab dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti itu." 

حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ


حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ أَخْبَرَنَا الْمُعَلَّى بْنُ أَسَدٍ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ


Imam Ahmad
dia berkata; telah dibacakan dihadapan sufyan; aku mendengar abu az zinad menceritakan dari al a'raj dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wa salam, beliau bersabda: "jika kamu mengatakan: "diamlah!", kepada temanmu pada hari jum'at padahal imam sedang berkhutbah, maka sungguh telah batal pahala jum'atmu." sufyan berkata; abu az zinad berkata; itu bahasa yang dipakai oleh abu hurairah.  

telah menceritakan kepada kami abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami ibnu juraij dan ibnu bakr telah mengabarkan kepadaku ibnu syihab dari umar bin abdul aziz dari ibrahim bin abdullah bin qorizh dari abu hurairah. dan dari sa'id ibnul musayyab dari abu hurairah, dia berkata; rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: "jika engkau berkata kepada temanmu; diam, sedangkan imam berkhutbah pada hari jum'at maka engkau telah sia-sia." ibnu bakr berkata dalam haditsnya; telah mengabarkan kepadaku ibnu syihab dari hadits umar bin abdul aziz dari ibrahim bin abdullah bin qorizh dari abu hurairah, dan dari hadits sa'id ibnul musayyab dari abu hurairah bahwa ia berkata; aku mendengar rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam mengatakannya.
telah menceritakan kepada kami abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami ibnu juraij dan malik dari ibnu syihab dari ibnu musayyab dari abu hurairah, dia berkata; aku mendengar nabi shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: "jika engkau berkata kepada temanmu; diam, dan imam sedang berkhutbah maka sungguh telah sia-sia." ibnu juraij berkata; dan telah mengabarkan kepadaku ibnu syihab dari umar bin abdul aziz dari ibrahim bin abdullah bin qorizh dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wa salam sebagaimana dalam hadits diatas.

telah menceritakan kepada kami husain telah menceritakan kepada kami ibnu abi dzi`b dari az zuhri dari ibnul musayyab dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "jika engkau berkata kepada temanmu; diam, dan imam sedang berkhutbah maka engkau telah sia-sia."

telah menceritakan kepada kami ibrahim bin abi al 'abbas berkata; telah menceritakan kepada kami abu uwais dari az zuhri bahwa sa'id ibnul musayyab menceritakan kepadanya, bahwa abu hurairah berkata; rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "jika engkau berkata kepada temanmu; diam, sedangkan imam berkhutbah maka sungguh engkau telah sia-sia."


berkata; aku telah membaca di hadapan abdurrahman; malik. dan telah menceritakan kepada kami ishaq telah mengabarkan kepada kami malik dari abu az zinad dari al a'raj dari abu hurairah, dia berkata; bahwasanya rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: "jika kamu mengatakan kepada sahabatmu 'diam' sedangkan imam berkhutbah, maka telah sia-sialah kamu." berkata; aku telah membaca di hadapan abdurrahman; dari malik dari ibnu syihab dari ibnul musayyab dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wa salam sebagaimana redaksi hadits diatas."

telah menceritakan kepada kami utsman bin umar, dia berkata; telah mengabarkan kepada kami yunus dari az zuhri dari sa'id ibnul musayyab dari abu hurairah, dia berkata; rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "jika engkau berkata kepada temanmu; 'diam' ketika imam sedang berkhutbah di hari jum'at, maka engkau telah sia-sia."

telah menceritakan kepada kami hammad dari malik dan ibnu abu dzi`b dari az zuhri dari sa'id ibnul musayyab dari abu hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "jika engkau mengatakan kepada temanmu 'diam' sedang imam berkhutbah di hari jum`at, maka engkau telah sia-sia."

قَالَ قُرِئَ عَلَى سُفْيَانَ سَمِعْتُ أَبَا الزِّنَادِ يُحَدِّثُ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَيْتَ قَالَ سُفْيَانُ قَالَ أَبُو الزِّنَادِ هِيَ لُغَةُ أَبِي هُرَيْرَةَ


حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ وَابْنُ بَكْرٍ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي ابْنُ شِهَابٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَارِظٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَعَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَدْ لَغَوْتَ قَالَ ابْنُ بَكْرٍ فِي حَدِيثِهِ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ شِهَابٍ عَنْ حَدِيثِ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَارِظٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ و عَنْ حَدِيثِ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُهُ

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ وَمَالِكٌ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنِ ابْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَوْتَ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ وَأَخْبَرَنِي ابْنُ شِهَابٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَارِظٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ

حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنِ ابْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَوْتَ

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَبِي الْعَبَّاسِ حَدَّثَنَا أَبُو أُوَيْسٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ أَنَّ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ أَخْبَرَهُ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ



قَالَ قَرَأْتُ عَلَى عَبْدِ الرَّحْمَنِ : مَالِكٌ وَحَدَّثَنَا إِسْحَاقُ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَوْتَ قَالَ قَرَأْتُ عَلَى عَبْدِ الرَّحْمَنِ : مَالِكٌ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنِ ابْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ ذَلِكَ


حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَوْتَ


حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ مَالِكٍ وَابْنِ أَبِي ذِئْبٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَوْتَ





Hukum Berbicara saat Khutbah Jum’at
Para ulama berbeda pendapat mengenai hokum mendengarkan dengan seksama saat khutbah dibacakan, pendapat mereka terbagi menjadi tiga. Berikut penjabarannya[1].
Pertama, mendengarkan khutbah seksama wajib dilakukan disetiap keadaan, baik khutbah itu terdengar maupun tidak. Pendapat yang demikian ini diusung mayoritas ulama madzhab Abu Hanafah, Imam Ahmad, dan Imam Syafi’i. ini merupakan pendapat ahli fikih di berbagai daerah. Hanya saja, mereka berbeda berbeda pendapat tentang hokum mendo’akan orang yang bersin dan menjawab salam saat khutbah dibacakan.
Kedua, hukumnya boleh berbicara kecuali saat khatib sedang membacakan ayat Al-Qur’an, ketika itu haram hukumnya. Pendapat ini diusung ASy-Sya’bi, Said bin Jubair, dan An-Nakha’i.
Ketiga, bagi orang yang bisa mendengarkan khutbah tidak boleh berbicara, tetapi boleh berbicara bagi siapa yang tidak bisa mendengarnya. Baik karena lemah pendengaran ataupun jaraknya yang terlalu jauh dari khatib. Pendapat ini diusung oleh Atha’.

Kesimpulan
Mendengarkan khutbah Jum’at merupakan salah satu kewajiban Jum’at sebagai ganti dari dua raka’at shalat Zhuhur. Oleh karena itu, hendaklah seseorang diam saat khatib berada di atas mimbar. Karena jika seseorang berbicara saat khutbah sedang berlangsung, seseorang itu tidak mendapatkan keutamaan Jum’at. Akan tetapi shalat Jum’atnya tetap sah.
Hukum berbicara saat khutbah sedang berlangsung berbeda-beda. Ada yang mengatakan boleh ada pula yang mengharamkannya.

Daftar Pustaka
Al-Asqalani, Ibnu Hajar.  Fathul Baari. Peneliti Syaikh Abdul Aziz Abdullah bin Baz. Penerjemah Amiruddin, dkk. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.
Husain, Huri Yasin. Fikih Masjid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.
Wensinck, A. J. (A Handbook of Aerly Muhammad and Tradition). Penerjemah ke bahasa Arab oleh Muhammad Fu’ad ‘Abd. al-Baqi, Miftah Kunuz as-Sunnah. 1398 H/ 1978M.
Zaghilu,  Abu Hajar Muhammad as-Said bin Bayuni.  Mausu’ah Athraf al-Hadits an-Nabawi as-Syarif. Beirut, Lebanon: Dar al-Kutub al-Alamiyyah.


[1] Huri Yasin Husain, Fikih Masjid (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011), h. 264-265.

[1] Abu Hajar Muhammad as-Said bin Bayuni Zaghilu,  Mausu’ah Athraf al-Hadits an-Nabawi as-Syarif, Juz 1 (Beirut, Lebanon: Dar al-Kutub al-Alamiyyah), h. 372.
[2] A. J Wensinck (A Handbook of Aerly Muhammad and Tradition). Penerjemah ke bahasa Arab oleh Muhammad Fu’ad ‘Abd. al-Baqi, Miftah Kunuz as-Sunnah, (1398 H/ 1978M) h. 177.

You Might Also Like

0 comments