Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik

December 20, 2016

Apa sih SEO itu? Seberapa penting sih SEO itu untuk website? Bagaimana optimisasi SEO? Apa sih tujuan SEO? Pertanyaan-pertanyaan seperti sering sekali muncul. Terutama bagi newbie dalam hal website ataupun blogging. Pertanyaan-pertanyaan di awal tersebut sebenarnya juga merupakan pertanyaan dari saya yang juga newbie dalam dunia blogging. Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman untuk kita semua, termasuk saya.

PENGERTIAN SEO DAN TUJUANNYA



Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Optimasi SEO

Search Engine Optimization atau yang disingkat dengan SEO adalah teknik untuk memaksimalkan halaman website agar peringkat atau pun ranking meningkat. SEO juga adalah sebuah proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.
            Jadi SEO merupakan hal penting untuk website atau blog. Dengan teknik SEO yang benar akan membuat website semakin tampak keberadaan. Website atau pun blog akan tampil di halaman pertama pada situs pencarian. Ada banyak teknik SEO, di antaranya ada SEO ON PAGE adapula SEO OFF PAGE.

SEO sangat terkait dengan posisi ranking atau peringkat. Tentu dalam hal ini meningkatkan situs web atau blog pada halaman pencarian di mesin penelusur. Pencapain peringkat agar menjadi baik harus dibarengi dengan konten yang berkualitas. Konten setidaknya harus unik, relevan, atau pun kontekstual.
Bila peringkat website atau blog meningkat, maka trafik pengunjung pun akan meningkat. Karena pencari web akan cenderung meng-klik hasil penelusuran pada halaman pertama mesin pencari. Begini lah akhir dari tujuan pengoptimalan SEO pada website atau blog. Tujuan akhir adalah mendapatkan posisi serta peringkat yang kemudian berdampak pada trafik pengunjung yang membludak.

RISET KATA KUNCI (KEYWORD)

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, maka dibutuhkan riset kata kunci. Beberapa alat yang bisa digunakan untuk melakukan riset adalah Google Keyword Planner dan Google Trends. Selain itu tersedia juga perangkat bantu tambahan lain yang juga gratis seperti Ubersuggest dan Soovle.


OPTIMISASI SEO                 


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
SEO Optimasi
   
SEO On-Page


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
SEO On-Page

Sebagaimana sudah disinggung pada paragraph yang telah lalu tentang SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Apa sih kedua SEO ini? Yang pertama adalah Optimisasi Halaman atau Optimisasi Di-Halaman (SEO On-Page) dan yang kedua adalah Optimisasi Di Luar-Halaman (SEO Off-Page).
Optimisasi Halaman (SEO On-Page) adalah proses di mana Anda melakukan perubahan di halaman web Anda agar halaman tersebut menurut mesin pencari menjadi relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. SEO On-Page ini termasuk kategori Optimisasi SEO Tingkat Dasar. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pengoptimalan SEO On-Page antara lain adalah sebagai berikut:
·         Nama domain (jika memungkinkan, untuk kata kunci pendek)
·         Title tag (tag judul)
·         Meta description tag
·         Kategori dan sub-kategori halaman
·         URL
·         Breadcrumbs
·         Headings (h1, h2, h3, dan seterusnya)
·         Image dan Image slider (nama file dan alt text)
·         Isi halaman (body copy), berupa kata kunci tersebut dan kata yang terkait seperti sinonom-sinonimnya dan variasi kata bentukannya.
·         Tautan eksternal ke situs otoritas seperti perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi yang penting
Sekali lagi, tujuan Optimisasi Di-Halaman ini adalah agar halaman web Anda relevan (atau sangat-sangat relevan) terhadap kata kunci yang dicari oleh pengguna internet sehingga waktu pengguna berada di halaman web Anda semakin lama (dan hal ini semakin baik!). Juga kembalinya lagi pengunjung lama ke halaman web Anda tersebut menandakan web Anda relevan, unik, dan memiliki informasi yang bernilai, mendalam, yang dibutuhkan pengunjung situs web Anda sesuai kata kunci yang sudah Anda sebar di elemen-elemen halaman web Anda tersebut.
Karena SEO On-Page ini terkait dengan bahasa HTML, script blogger atau php untuk WordPress, maka diperlukan pemahaman mengenai bahasa HTML, blogger tag, atau php agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan Optimisasi Halaman. Salah satu situs yang bagus untuk belajar HTML adalah Prothelon. Atau Anda juga bisa mengikuti pelatihan Paket SEO Blogspot atau WordPress di SEM & SEO Management untuk sekalian mempelajari HTML dan bahasa pemprograman web lain yang diperlukan untuk melakukan SEO On-Page. Ada 2 jenis praktek SEO, yaitu WhiteHat dan BlackHat

1.                   Praktik SEO WhiteHat
Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan situs dengan berfokus pada pengunjung, bukan pada peringkat yang lebih tinggi. Contoh teknik whitehat yang baik adalah membuat konten organik berkualitas tinggi dan menambahkan tag deskriptif baik yang dibahas dalam modul sebelumnya. Teknik whitehat mematuhi Pedoman Webmaster, yang sebaiknya diikuti situs Anda agar berperingkat secara organik dan baik di Google Penelusuran.

2.                  Praktik SEO Blackhat
Teknik terlarang yang memanipulasi mesin telusur untuk mencoba memberi peringkat situs yang lebih tinggi dianggap sebagai teknik blackhat yang melanggar Pedoman Webmaster. Jangan membayar untuk tautan yang mengarah ke situs Anda yang ditempatkan di internet dengan maksud agar dapat lolos PageRank dan memanipulasi Google Penelusuran Tautan ini dapat disebut tautan bersponsor atau iklan berbayar, tersembunyi di HTML, atau dimasukkan sebagai jangkar yang dioptimalkan dalam artikel, komentar, dan catatan kaki. Pelajari cara menghindari praktik serupa di laman skema tautan.

Contoh praktek SEO BlackHat
·       Penggunaan kata kunci yang berlebihan di elemen-elemen situs atau halaman web (keyword stuffing)
·         Menggunakan warna huruf yang sama dengan warna background halaman web (hidden texts)
v  Membuat isi halaman web dengan alat bantu secara otomatis (auto generated content atau AGC),
v  misalnya: menduplikasi artikel dengan alat bantu perangkat lunak tanpa mengecek kualitasnya lagi artikel-artikel yang baru (content spinning)
·        Membuat halaman web dengan mengambil potongan-potongan teks atau gambar dari situs-situs lain bukan miliknya (content stealing) lalu menggabungkannya menjadi halaman web miliknya (content scrapping)
·            Menyalin isi milik orang lain (plagiarism)
·            Membuat halaman yang berbeda untuk mesin pencari dan pengunjung (cloaking)
·      Mengganti isi halaman secara keseluruhan setelah halaman tersebut mendapat ranking di SERP (swapping)
·      Membuat sebuah halaman-halaman khusus untuk menarik perhatian mesin pencari, namun mengarahkan pengunjung manusia ke halaman yang lain (doorway pages)
· Teknik-teknik black hat SEO on-page lain yang dilarang Google (lihat https://support.google.com/webmasters/answer/35769?hl=id)

SEO Off-Page


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
SEO Off-Page

Apa sih SEO Off-Page atau juga SEO Off-Site ini? SEO jenis ini adalah proses di mana kita melakukan peningkatan nilai kepopuleran website atau pun blog melalui factor-faktor di luar situs. Hal ini dilakukan agar memengaruhi halaman web sesuai dengan kata kunci yang dibidik oleh user.
SEO Off-Page memberi indikasi yang sangat baik tentang bagaimana Dunia (situs-situs lain dan pengguna) melihat situs web tertentu. Sebuah situs web yang berguna adalah lebih mungkin untuk memiliki referensi (link) dari situs-situs lain; itu lebih mungkin untuk memiliki menyebutkan di media sosial dan itu lebih mungkin untuk bookmark dan berbagi di antara mereka yang mungkin juga menyukainya.
            Pertanyaan lain yang muncul, apa yang menyebabkan hal di luar situs memengaruhi mesin pencari? Terus apa saja cara untuk melakukan SEO Off-Page?

Langkah-Langkah Optimisasi SEO Off-Page
Sosial Bookmark                             


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Sosial Bookmark

Ini merupakan teknik yang paling banyak disenangi para blooger. Untuk melakukan optimasi SEO off-page kita cukup meninggalkan sebuah link yang mengarah ke situs kita, namun kita tidak cukup hanya meningalkan link begitu saja melainkan kita juga harus berinteraksi kepada sesama pengguna sosial bookmark ini. Dengan begitu visitorpun akan berdatangan sendiri. Anda bisa menggunakan sosial bookmark seprti Digg,Reddit dll.

Sosial Media


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Sosial Media
Manfaatkan social media semisal Facebook, Twitter, Google+, atau Instagram sebagai tempat promosi situ Website atau pun blog. Kemudian isi situs Anda dengan artikel yang menarik agar teman anda yang masuk dari sosial media tersebut,selalu tertarik dan ketagihan terus untuk membaca artikel Anda. Satu hal lagi perbanyak teman Anda biar banyak mata yang melihat link situs Anda. Semakin banyak semakin pula kesempatan untuk mendatangkan visitor yang melimpah.

Web Directory


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Web Directory

Submit artikel Anda ke situs web directory, sebab cara ini termasuk cara yang sangat manjur buat mendatangkan backlink yang berkualitas. Dengan bantuan situs web directory mempermudah google menemukan artikel kita. Apalagi web directory tersebut bersifat dofollow dan page rank tinggi,bukan tidak mungkin lagi situs Anda nongrong terus di page one search engine.

Situs Forum


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Situs Forum
Cara ini sangatlah disarankan banget oleh Google untuk mempromosikan situs/blog yang baru. Karena dengan cara Anda berkomentar tujuanya membantu seseorang yang butuh pencerahan di sinilah kesempatan Anda untuk meletakkan link Anda yang cocok dengan masalah orang tersebut,maka kita tidak perlu lagi melakukan spam komentar di blog, karna hal itu sangat dilarang keras oleh google

Memancing Link
                         
Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Memancing SEO

Misalnya Anda telah menyelesaikan sebuah artikel lalu Anda mempubliskannya di situs web Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan link artikel Anda tadi sebagai referensi, Anda bisa melakukan link referensi di situs orang, dengan cara menulis seperti di Moz.com, Searchenginejurnal.com dll, Dengan cara itu akan memancing orang untuk melakukan hal yang sama untuk menggunakan situs Anda sebagai referensi seperti yang telah Anda lakukan.

          Backlink


Pengertian SEO, Tujuan, dan Optimasi SEO Terbaik
Backlink

Backlink juga biasa dikenal dengan link masuk, inbound link, inlink, dan link balik dalam arti tautan bolak-balik. Salah satu cara melakukan backlink adalah dengan menjalin persahabatan dengan website atau pun blog lain. Misalnya dengan memberikan komentar pada blog orang lain dengan meninggalkan situs web kita. Atau pun bisa juga jika link kita dijadikan link referensi -link ke luar- dari blog orang lain.


Bila artikel bermanfaat, saya harap kiranya bisa di share kepada yang lainnya. Terima kasih.
Sumber:
              Dari beberapa referensi di Internet

You Might Also Like

0 comments