Nama Penyusun |
: |
GT |
Institusi |
: |
........... |
Tahun Penyusunan |
: |
2023 |
Jenjang
Sekolah |
: |
Madrasah
Aliyah |
Kelas |
: |
X (Sepuluh) |
Alokasi
Waktu |
: |
8
JP |
Komponen Inti |
||
Fase |
: |
E |
Elemen |
: |
Akidah |
Capaian Pembelajaran |
: |
Peserta
didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil Allah Swt. (nafsiyah,
salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah) dan sifat jaiz Allat Swt., asma alhusna
(al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matiin, alJaami, al-Hafiz, al-Rofi’,
alWahhab, al-Rakib, al-Mubdi, al-Muhyi, al-Hayyu, alQayyum, al-Akhir,
al-Mujib, dan al-Awwal) serta pemahaman Islam wasathiyah (moderat) sebagai
upaya membentuk sikap moderasi beragama dalam akidah dan muamalah untuk
mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkebinekaan |
Tujuan
Pembelajaran |
: |
10.1.
Peserta didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil
Allah Swt. (nafsiyah, salbiyah, ma’ani,
dan ma’nawiyah) dan sifat jaiz Allat Swt |
KKTP |
: |
1. Menjelaskan
pengertian sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt. 2. Menentukan
dalil sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt. 3. Mengklasifikasi
sifat wajib dan mustahil Allah Swt. ke dalam sifat nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah. 4. Menganalisis
manfaat mengimani sifat-sifat Allah Swt. 5. Menganalisis
cara meneladani sifat-sifat Allah Swt |
Kata
Kunci |
: |
Sifat-sifat Allah Swt.,
Sifat Wajib, Sifat Mustahil, dan Sifat Jaiz |
Pertanyaan
Inti |
: |
1. Apa
perbedaan Sifat Wajib, Mustahil
dan Jaiz Allah 2. Jelaskan
manfaat mempelajari sifat-sifat Allah swt |
Kompetensi
Awal |
: |
Siswa telah memiliki kemampuan awal
dalam memahami akidah dan sifat-sifat Allah Swt |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil
Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong
royong |
Sarana dan Prasarana |
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan
di antaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop,
printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini
bisa disesuaikan dengan kondisi di madrasah masing-masing |
Target Peserta Didik |
Kategori peserta didik dalam
proses pembelajaran ini adalah peserta didik regular. |
Jumlah Peserta Didik |
Maksimum 36 Peserta Didik |
Ketersediaan Materi dan Alat
Ajar |
1. Materi atau sumber pembelajaran yang
utama: Buku Teks Akidah Akhlak dari Kementerian Agama 2. Alat dan bahan yang diperlukan : papan
tulis, spidol, alat tulis |
Metode Pembelajaran |
Tatap Muka (Luring) |
Kegiatan Pembelajaran Utama |
Pengaturan
siswa:
Berpasangan (pada tahap awal) Metode: Think Pair Share (TPS) |
Rancangan Asesmen Formatif dan
Sumatif |
1.
Asesmen
dilakukan melalui asesmen individu dan kelompok 2.
Jenis
asesmen: § Penilaian sikap (observasi) § Penilaian pengetahuan (tes tulis) § Penilaian keterampilan (produk) |
Persiapan Pembelajaran: (5 menit) |
1.
Guru
memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia.
2.
Memastikan
bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman 3.
Menyiapkan
bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif |
Urutan Kegiatan Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Siswa
berdoa secara bersama-sama dan melakukan tadarus Bacalah Q.S.
Al-Isra ayat 111 وَقُلِ ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِي
لَمۡ يَتَّخِذۡ وَلَدٗا وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ شَرِيكٞ فِي ٱلۡمُلۡكِ وَلَمۡ يَكُن
لَّهُۥ وَلِيّٞ مِّنَ ٱلذُّلِّۖ وَكَبِّرۡهُ تَكۡبِيرَۢا ١١١
111.
Dan katakanlah, "Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan
tidak (pula) mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia tidak memerlukan
penolong dari kehinaan dan agungkanlah Dia seagung-agungnya. 2.
Guru
menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing- masing
dan menyampaikan apersepsi. 3.
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi
pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian. Kegiatan Pembelajaran Inti 4.
Guru
menyampaikan pokok materi mengenai sifat-sifat Allah Swt. 5.
Peserta
didik diberikan 1 pertanyaan dan diminta peserta diidk untuk menjawabnya 6.
Secara
berpasangan peserta didik, membahas jawaban 7.
Hasil
dari diskusi berpasangan, dishare di depan kelas (waktu dapat disesuaikan) Penutup 8.
Guru
meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini,
sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian
memimpin doa selesai kegiatan. 9.
Guru
menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama. |
Differensiasi |
§
Untuk siswa yang berminat belajar dan
mengeksplorasi topik ini lebih jauh, disarankan untuk membaca materi
sifat-sifat Allah Swt., serta manfaat apabila mempelajarinya dari berbagai
kitab kuning karya para ulama’ dan literatur lain yang relevan. §
Guru dapat menggunakan alternatif metode
dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi masing-masing agar pelaksanaan
pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (joyfull learning) sehingga tujuan
pembelajaran bisa tercapai. §
Untuk siswa yang kesulitan belajar topik
ini, disarankan untuk belajar kembali rukun iman, hakikat akidah dan mengenai
aspek ketuhanan serta manfaat mempelari materi tersebut pada pembelajaran di
dalam dan atau di luar kelas sesuai kesepataan antara guru dengan siswa.
Siswa juga disarankan untuk belajar kepada teman sebaya. |
Refleksi Guru |
Pertanyaan kunci yang
membantu guru untuk merefleksikan kegiatan pengajaran di kelas,
misalnya: 1.
Apakah
semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran? 2.
Kesulitan
apa yang dialami? 3.
Apa
langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar? 4.
Apakah
kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada diri siswa? 5.
Apakah
kegiatan pembelajaran ini bisa membangun kesadaran siswa tentang pentingnya akhlak terhadap sesama untuk
saling menghargai? |
Assesmen |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Asesmen
Diagnostik (Sebelum Pembelajaran) Untuk mengetahui kesiapan siswa
dalam memasuki pembelajaran dengan pertanyaan:
2.
Asesmen
Formatif Asesmen Formatif dilakukan oleh guru
selama proses pembelajaran berlangsung khususnya saat siswa melakukan
kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis. Asesmen saat Think
Pair Share (ketika siswa melakukan kegiatan belajar dengan metode Think
Pair Share). Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran denga metode
Think Pair Share
3.
Asesmen
Sumatif a.
Asesmen
Pengetahuan Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini dengan jawaban yang benar! 1)
Jelaskan
terkait sifat-sifat Allah yang wajib, jaiz dan mustahil? 2)
Jelaskan
manfaat-manfaat mempelajari sifat-sifat Allah Swt? 3)
Jelaskan
apa yang disebut dengan sifat salbiyah? 4)
Jelaskan
apa yang disebut dengan sifat Ma’nawiyah? 5)
Jelaskan
bagaimana cara meneladani Sifat Bashar dari Allah Swt?
b.
Asesmen
Keterampilan Peserta
didik membuat media pembelajaran (digital atau non digital) tentang materi
sifat-sifat Allah Swt., kemudian mempresentasikannya di depan kelas |
Rubrik
Penilaian Produk
Nama
Kelompok |
: |
|
Anggota |
: |
|
Kelas |
: |
|
Nama
Produk |
: |
|
No. |
Aspek |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Perencanaan |
|
|
|
|
|
a.
Persiapan |
|
|
|
|
|
b.
Linimasa
pembuatan |
|
|
|
|
|
c.
Jenis produk |
|
|
|
|
2 |
Proses
Pembuatan |
|
|
|
|
|
a.
Penggunaan
media, alat dan bahan |
|
|
|
|
|
b.
Teknik
pembuatan |
|
|
|
|
|
c.
Kerjasama
kelompok |
|
|
|
|
3 |
Tahap
Akhir |
|
|
|
|
|
a.
Kualitas
produk |
|
|
|
|
|
b.
Publikasi |
|
|
|
|
|
c.
Kreatifitas |
|
|
|
|
|
d.
orisinalitas |
|
|
|
|
Keterangan
Penilaian
Perencanaan |
|
Skor |
Keterangan |
1 |
Tidak
baik,
ada kolaborasi dalam kelompok tetapi tidak ada linimasa dan penentuan jenis
produk sesuai tema |
2 |
Cukup
Baik,
ada kolaborasi dalam kelompok dan linimasa pembuatan tetapi tidak diikuti
semua angggota kelompok dan ada penentuan jenis produk sesuai tema |
3 |
Baik |
4 |
Sangat
Baik |
Proses Pembuatan |
|
Skor |
Keterangan |
1 |
Tidak
baik, |
2 |
Cukup
Baik |
3 |
Baik |
4 |
Sangat
Baik |
Tahap Akhir |
|
Skor |
Keterangan |
1 |
Tidak
baik, |
2 |
Cukup
Baik |
3 |
Baik |
4 |
Sangat
Baik |
Petunjuk
Penskoran Penghitungan
skor akhir menggunakan rumus: Skor
perolehan X 10 |
Refleksi Peserta Didik |
||
Nama |
: |
|
Kelas |
: |
|
Pertanyaan Refleksi |
Jawaban Relfeksi |
1.
Bagian
manakah yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini? |
|
2.
Apa yang
akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? |
|
3.
3. Kepada
siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini? |
|
4.
Jika kamu
diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan
pada usaha yang telah kamu lakukan? |
|
Daftar Pustaka |
Hidayah, Nurul. Akidah Akhlak Kelas X. Jakarta:
Direktorat KSKK, 2010. Ilmu-ushuluddin.blogspot.com |
Lembar Kerja Siswa |
|||||||||||||||||||||||||||
|
Bahan Bacaan Siswa |
·
Ilmu-Ushuluddin.blogspot.com ·
Nurul Hidayah. Akidah Akhlak Kelas X. Jakarta:
Direktorat KSKK, 2010. |
Bahan Bacaan Guru |
·
Ilmu-Ushuluddin.blogspot.com ·
Nurul Hidayah. Akidah Akhlak Kelas X. Jakarta:
Direktorat KSKK, 2010. |
0 Comments