Modul Akidah Akhlak Fase E Kurikulum Merdeka

 

Modul Akidah Akhlak Fase E Kurikulum Merdeka


Informasi Umum

Nama Penyusun

:

GT

Institusi

:

...........

Tahun Penyusunan

:

2023

Jenjang Sekolah

:

Madrasah Aliyah

Kelas

:

X (Sepuluh)

Alokasi Waktu

:

8 JP

 

Komponen Inti

Fase

:

E

Elemen

:

Akidah

Capaian Pembelajaran

:

Peserta didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil Allah Swt. (nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah) dan sifat jaiz Allat Swt., asma alhusna (al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matiin, alJaami, al-Hafiz, al-Rofi’, alWahhab, al-Rakib, al-Mubdi, al-Muhyi, al-Hayyu, alQayyum, al-Akhir, al-Mujib, dan al-Awwal) serta pemahaman Islam wasathiyah (moderat) sebagai upaya membentuk sikap moderasi beragama dalam akidah dan muamalah untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkebinekaan

Tujuan Pembelajaran

:

10.1. Peserta didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil Allah Swt. (nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah) dan sifat jaiz Allat Swt

KKTP

:

1.      Menjelaskan pengertian sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt.

2.      Menentukan dalil sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt.

3.      Mengklasifikasi sifat wajib dan mustahil Allah Swt. ke dalam sifat nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.

4.      Menganalisis manfaat mengimani sifat-sifat Allah Swt.

5.      Menganalisis cara meneladani sifat-sifat Allah Swt

Kata Kunci

:

 Sifat-sifat Allah Swt., Sifat Wajib, Sifat Mustahil, dan Sifat Jaiz

Pertanyaan Inti

:

1.    Apa perbedaan  Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah

2.    Jelaskan manfaat mempelajari sifat-sifat Allah swt

Kompetensi Awal

:

Siswa telah memiliki kemampuan awal dalam memahami akidah dan sifat-sifat Allah Swt

 

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong

 

Sarana dan Prasarana

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan di antaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di madrasah masing-masing

 

Target Peserta Didik

Kategori peserta didik dalam proses pembelajaran ini adalah peserta didik regular.

 

Jumlah Peserta Didik

Maksimum 36 Peserta Didik

 

Ketersediaan Materi dan Alat Ajar

1.    Materi atau sumber pembelajaran yang utama: Buku Teks Akidah Akhlak dari Kementerian Agama

2.    Alat dan bahan yang diperlukan : papan tulis, spidol, alat tulis

 

Metode Pembelajaran

Tatap Muka (Luring)

 

Kegiatan Pembelajaran Utama

Pengaturan siswa:

  Berpasangan (pada tahap awal)

Metode: 

  Think Pair Share (TPS)

 

Rancangan Asesmen Formatif dan Sumatif

1.    Asesmen dilakukan melalui asesmen individu dan kelompok

2.    Jenis asesmen: 

§  Penilaian sikap (observasi)

§  Penilaian pengetahuan (tes tulis)

§  Penilaian keterampilan (produk)

 

Persiapan Pembelajaran: (5 menit)

1.     Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia.

2.     Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

3.     Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

Urutan Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

1.    Siswa berdoa secara bersama-sama dan melakukan tadarus Bacalah Q.S. Al-Isra ayat 111

وَقُلِ ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِي لَمۡ يَتَّخِذۡ وَلَدٗا وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ شَرِيكٞ فِي ٱلۡمُلۡكِ وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ وَلِيّٞ مِّنَ ٱلذُّلِّۖ وَكَبِّرۡهُ تَكۡبِيرَۢا ١١١

 

111. Dan katakanlah, "Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak (pula) mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan dan agungkanlah Dia seagung-agungnya.

2.     Guru menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing- masing dan menyampaikan apersepsi.

3.     Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.

Kegiatan Pembelajaran Inti

4.    Guru menyampaikan pokok materi mengenai sifat-sifat Allah Swt.

5.    Peserta didik diberikan 1 pertanyaan dan diminta peserta diidk untuk menjawabnya

6.    Secara berpasangan peserta didik, membahas jawaban

7.    Hasil dari diskusi berpasangan, dishare di depan kelas (waktu dapat disesuaikan)

Penutup

8.    Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan.

9.    Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

Differensiasi

§  Untuk siswa yang berminat belajar dan mengeksplorasi topik ini lebih jauh, disarankan untuk membaca materi sifat-sifat Allah Swt., serta manfaat apabila mempelajarinya dari berbagai kitab kuning karya para ulama’ dan literatur lain yang relevan.

§  Guru dapat menggunakan alternatif metode dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi masing-masing agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (joyfull learning) sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

§  Untuk siswa yang kesulitan belajar topik ini, disarankan untuk belajar kembali rukun iman, hakikat akidah dan mengenai aspek ketuhanan serta manfaat mempelari materi tersebut pada pembelajaran di dalam dan atau di luar kelas sesuai kesepataan antara guru dengan siswa. Siswa juga disarankan untuk belajar kepada teman sebaya.

 

Refleksi Guru

Pertanyaan kunci yang membantu guru untuk merefleksikan kegiatan pengajaran di kelas, misalnya: 

1.     Apakah semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran?

2.     Kesulitan apa yang dialami? 

3.     Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?

4.     Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan          berpikir kritis pada diri siswa?

5.     Apakah kegiatan pembelajaran ini bisa membangun kesadaran siswa tentang  pentingnya akhlak terhadap sesama untuk saling menghargai?

 

 

 

 

 

Assesmen

1.    Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

1.    Apakah sudah memahami mengenai sifat-sifat Allah swt?

 

 

2.    Sebutkan klasifikasi sifat-sifat Allah swt?

 

 

3.    Sebutkan 20 sifat-sifat Allah swt?

 

 

 

2.    Asesmen Formatif

Asesmen Formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis. Asesmen saat Think Pair Share (ketika siswa melakukan kegiatan belajar dengan metode Think Pair Share). Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran denga metode Think Pair Share

 

No

Nama Siswa

Aspek yang diamati

Skor

Ide

Aktif

Kritis

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.    Asesmen Sumatif

a.    Asesmen Pengetahuan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!

1)   Jelaskan terkait sifat-sifat Allah yang wajib, jaiz dan mustahil?

2)   Jelaskan manfaat-manfaat mempelajari sifat-sifat Allah Swt?

3)   Jelaskan apa yang disebut dengan sifat salbiyah?

4)   Jelaskan apa yang disebut dengan sifat Ma’nawiyah?

5)   Jelaskan bagaimana cara meneladani Sifat Bashar dari Allah Swt?

 

No

Pedoman Penskoran

Skor

Kunci Jawaban

1

Sifat wajib Allah Swt. adalah sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah Swt., yang sesuai dengan keagungan-Nya sebagai pencipta alam semesta. Sifat mustahil bagi Allah artinya sifat yang tidak mungkin ada pada Allah Swt. sifat mustahil Allah merupakan lawan kata/kebalikan dari sifat wajib Allah Sifat Jaiz bagi Allah artinya boleh bagi Allah Swt mengadakan sesuatu atau tidak mengadakan sesuatu atau di sebut juga sebagai “mumkin”. Mumkin ialah sesuatu yang boleh ada dan tiada

 

 

 

1-4

2

Manfaat mempelajari sifat-sifat Allah Swt

1)   Dicintai oleh Allah Swt.

2)   Bukti kerinduan kepada Allah Swt.

3)   Bukti takut kepada Allah Swt.

4)   Berharap diridhai oleh Allah Swt.

5)   Harapan dan doa

1-4

3

Sifat yang dimaknai peniadaan. Peniadaan akan sesuatu yang tidak pantas bagi Allah Swt.

1-4

4

Sifat yang berhubungan dengan sifat ma’ani

1-4

5

Karena Allah swt maha melihat, meneladaninya dengan selalu berakhlak baik

1-4

Skor Maksimal

20

Nilai + Skor yang diperoleh x 5

 

b.    Asesmen Keterampilan

Peserta didik membuat media pembelajaran (digital atau non digital) tentang materi sifat-sifat Allah Swt., kemudian mempresentasikannya di depan kelas

 

 

Rubrik Penilaian Produk

 

Nama Kelompok

:

 

Anggota

:

 

Kelas

:

 

Nama Produk

:

 

 

No.

Aspek

Skor

1

2

3

4

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

a.           Persiapan

 

 

 

 

 

b.           Linimasa pembuatan

 

 

 

 

 

c.           Jenis produk

 

 

 

 

2

Proses Pembuatan

 

 

 

 

 

a.           Penggunaan media, alat dan bahan

 

 

 

 

 

b.           Teknik pembuatan

 

 

 

 

 

c.           Kerjasama kelompok

 

 

 

 

3

Tahap Akhir

 

 

 

 

 

a.           Kualitas produk

 

 

 

 

 

b.           Publikasi

 

 

 

 

 

c.           Kreatifitas

 

 

 

 

 

d.           orisinalitas

 

 

 

 

 

Keterangan Penilaian

Perencanaan

Skor

Keterangan

1

Tidak baik, ada kolaborasi dalam kelompok tetapi tidak ada linimasa dan penentuan jenis produk sesuai tema

2

Cukup Baik, ada kolaborasi dalam kelompok dan linimasa pembuatan tetapi tidak diikuti semua angggota kelompok dan ada penentuan jenis produk sesuai tema

3

Baik

4

Sangat Baik

Proses Pembuatan

Skor

Keterangan

1

Tidak baik,

2

Cukup Baik

3

Baik

4

Sangat Baik

Tahap Akhir

Skor

Keterangan

1

Tidak baik,

2

Cukup Baik

3

Baik

4

Sangat Baik

Petunjuk Penskoran

Penghitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor perolehan X 10

 

Refleksi Peserta Didik

Nama

:

 

Kelas

:

 

 

Pertanyaan Refleksi

Jawaban Relfeksi

1.    Bagian manakah yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?

 

2.    Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?

 

3.    3. Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?

 

4.    Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?

 

 

Daftar Pustaka

Hidayah, Nurul. Akidah Akhlak Kelas X. Jakarta: Direktorat KSKK, 2010.

Ilmu-ushuluddin.blogspot.com

 

Lembar Kerja Siswa

Nama Siswa

:

 

Kelas

:

 

Tahapan

Kegiatan Siswa/ Pertanyaan

Catatan Hasil Kegiatan

Stimulasi

Siswa mengamati tayangan tentang sifat-sifat Allah Swt. serta manfaat dari penerapan sikap tersebut melalui youtube atau media lain.

 

Identifikasi

Masalah

1.       Jelaskan mengapa Allah Swt memiliki sifat-sifat Allah Swt.?

2.      Allah Swt memiliki sifat, apakah akan membuat Allah Swt terbatasi oleh sifatNya sendiri. Jelaskan pernyataan hal tersebut!

 

Mengumpulk

an informasi

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan materi menganalisis sifat-sifat Allah Swt.

 

Mengolah informasi

Catat dan klasifikasikan informasi yang diperoleh untuk kemudian dijadikan dasaruntuk menjawab persoalan

 

Verifikasi dan presentasi hasil

Lakukan verifikasi hasil olah data, pastikan temuan kalian sudah benar dan kemudian presentasikan

 

Generalisasi

Buatlah kesimpulan dari hasil kajian kelompok kalian.

 

 

Bahan Bacaan Siswa

·         Ilmu-Ushuluddin.blogspot.com

·         Nurul Hidayah. Akidah Akhlak Kelas X. Jakarta: Direktorat KSKK, 2010.

 

Bahan Bacaan Guru

·         Ilmu-Ushuluddin.blogspot.com

·         Nurul Hidayah. Akidah Akhlak Kelas X. Jakarta: Direktorat KSKK, 2010.

 

 

Post a Comment

0 Comments