PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADHAN

 PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADHAN
ilmu-ushuluddin.blogspot.com
Bulan Ramadhan yang mulia sebentar lagi datang. Bulan mulia yang selalu dinanti oleh kaum Muslimin seluruh dunia. Untuk itu, sebagai Muslim senantiasa kita harus berbahagia menyambut bulan penuh berkah ini. Bulan yang dibukakan pintu-pintu surga dan ditutup rapat pintu-pintu neraka. Sebagai mana hadis dari Imam Ahmad:

“Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa didalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka….” (HR. Ahmad)


Untuk menyambut bulan mulia ini, tentu harus ada beberapa hal yang dipersiapkan. Dalam tulisan singkat ini, mari sama-sama kita persiapkan hal tersebut agar ibadah puasa kita nantinya in syaa Allah berjalan dengan penuh khidmat.

Pertama mari kita persiapkan keimanan kita dengan sebenar-benarnya iman. Mari sama-sama sebelum masuknya bulan Ramadhan kita latih diri kita untuk menghindari maksiat sekecil apapun. Agar di bulan Ramadhan nanti kita sudah terbiasa. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita doa agar kita diberkahi di bulan Rajab dan Sya'ban, kemudian dipertemukan di bulan Ramadhan. Semoga kita bertemu Ramadhan.

(Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan)

Kedua kita persiapkan jasmani kita agar tetap dalam keadaan sehat wa afiat. Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala. Untuk itu sayang rasanya bila tubuh sakit dan hilangnya kesempatan untuk mendapat pahala berlipat-lipat. 

“Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan." (HR Muslim)

Ketiga mari persiapkan keilmuan kita. Karena sesiapa yang beramal tanpa ilmu, maka amalannya akan ditolak. Memahami tatacara ibadah yang benar akan mendatangkan pahala bagi kita. Sebaliknya seseorang yang beramal tanpa ilmu maka akan sia-sia. Selain itu, beramal harus ikhlas mengarap Ridha Allah.


Keempat persiapkan harta. Bukan untuk persiapakan berbuka. Melainkan untuk bersedekah. Allah berfirman bahwa pahala sedekah itu berlipatganda, apalagi di bulan Ramadhan kan.

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan  meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Semoga tulisan singkat ini mendatangkan manfaat. Khususnya bagi yang nulis. Terimakasih pada sumber-sumber yang tidak kami sebutkan. 
 ***

 

Post a Comment

0 Comments